Label

Jumat, 27 Januari 2012

LUMBUNG BERSAING UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT BERKARAKTER



Chairy Chalidyanto *)
Angka kemiskinan yang cukup tinggi mendorong Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bertekad untuk semaksimal mungkin menurunkan angka kemiskinan dengan target capaian rata–rata 2 % setiap tahunnya. Untuk itu penanggulangan kemiskinan ini selain harus dilakukan secara terpadu dan melibatkan atau bekerjasama dengan berbagai unsur masyarakat yang peduli sesuai dengan kapasitas dan kompetensinya. Berbagai program penanggulangan kemiskinan diluncurkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berdampak positif pada penurunan angka kemiskinan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penurunan angka kemiskinan NTB pada tahun 2010 menempati urutan ke – 8 nasional penurunan angka kemiskinan tertinggi yang mencapai 1,82 %. Salah satu program diantaranya adalah Program Pemberdayaan Masyarakat Lumbung Bersaing.
Program ini diluncurkan bertitik tolak dari pemikiran bahwa ekonomi masyarakat perlu dikuatkan, namun demikian tanpa mengabaikan nilai – nilai kedisiplinan dan religius. Kedua nilai sosial ini tentu saja akan sangat dibutuhkan didalam usaha – usaha ekonomi masyarakat perdesaan. Karakter masyarakat yang disiplin dan religius akan mendukung penguatan pondasi ekonomi masyarakat. Masyarakat akan memiliki rasa tanggung jawab dan keyakinan bahwa ekonomi harus dibangun oleh diri sendiri dan bukan oleh orang lain.
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat juga memandang bahwa modal sosial dan  spiritualitas yang terbina baik di dalam sebuah komunitas akan menjadi salah satu faktor kunci didalam sukses penanggulangan kemiskinan ini. Hal ini karena modal sosial dan spiritualitas meniscayakan adanya kerjasama dan kontrol sosial di tengah masyarakat serta memberi arah bagi proses pembinaan dan peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih baik. Hal-hal ini menjadi sangat relevan bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat yang dikenal sangat religius.
Dua Milliyar Enam Ratus Enam Puluh Tiga Juta Rupiah telah dikucurkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Tahun Anggaran 2011 untuk menunjang pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Lumbung Bersaing. Lumbung bersaing memberikan penguatan ekonomi masyarakat yang disertai dengan pembentukan karakter anggota yang religius, disiplin, tanggung jawab dan kepedulian sosial. Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Sumbawa Barat menjadi sasaran pertama program pemberdayaan masyarakat Lumbung Bersaing Tahun Anggaran 2011. Saat ditertbitkannya tabloid ini, jumlah anggota penerima manfaat dari program ini sebanyak 1.981 orang yang tergabung didalam ± 130 kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 15 orang anggota. Dimana pada setiap 3 ( tiga ) kelompok tergabung didalam satu majelis. 
Siklus ini menggambarkan tahapan – tahapan yang harus ditempuh oleh setiap calon anggota penerima manfaat dari Program Pemberdaya an Masyarakat Lumbung Bersaing. Tahapan terberat yang harus dijalani oleh calon penerima manfaat adalah pada tahapan seleksi calon anggota, pelatihan dan test pasca pelatihan/ sekolah. Seleksi adalah merupakan rekruitmen calon anggota masyarakat penerima manfaat program pemberdayaan masyarakat lumbung bersaing. Pada tahap ini setiap warga masyarakat dapat mendaftarkan diri menjadi pra calon penerima manfaat. Dari hasil seleksi, maka masyarakat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 5 ( orang ) serta setiap 3 ( kelompok ) dihimpun kedalam 1 ( satu ) majelis
Selanjutnya kelompok – kelompok masyarakat yagn tergabung didalam sebuah majelis tersebut mengikuti pelatihan / sekolah selama 5 hari. Dan selama mengikuti pelatihan / sekolah tersebut berbagai ilmu berkaitan dengan ekonomi dan agama diberikan. Pada kegiatan ini setiap orang yang tergabung dituntut disiplin didalam mengikuti pelatihan. Ketidak disiplinan dalam mengikuti pelatihan / sekolah berdampak pada pengurangan bantuan keuangan atau bila benar – benar melanggar disiplin maka yang bersangkutan beserta seluruh anggota kelompok dibubarkan dan tidak menerima bantuan keuangan.
Penegakan disiplin dan nilai – nilai agama ini terus dilaksanakan tidak hanya pada saat pelatihan, tetapi juga pada setiap pertemuan majelis. Hal inilah yang menyebabkan Program Pemberdayaan Masyarakat Lumbung Bersaing menghasilkan penguatan ekonomi masyarakat yang berkarakter. Siapa lagi yang mau bergabung ?

*) Staff pada BPMPD Provinsi NTB 












































































2 komentar: